Sabtu, 13 Desember 2014

Ini Renungan Ceritanya

Selalu banyak pertanyaan "kok lo gk kuliah sih nu?" dan jawaban gue selalu sama tersenyum simpul.

Banyak orang bilang kuliah sampai sarjana akan membuat hidupmu jadi lebih enak. Well, buat gue gak semua harus seperti itu, hidup enak sama dengan hidup bahagia. Intinya tujuan utama kita hidup hanyalah untuk mencari sebuah kebahagiaan, baik jasmani maupun rohani.

Kebahagiaan rohani bisa kita dapatkan dengan cara beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Mendapatkan kebahagiaan jasmani? sangat banyak macamnya. Dan sekarang yg akan gue coba bahas dalam sudut pandang gue adalah kebahagiaan jasmani yg berarti juga hidup enak.

Buat gue hidup enak bukan perkara lo punya banyak harta dan bisa berfoya-foya dengan itu. Sekarang pertanyaannya apa yg akan lo lakukan dengan gelar sarjana lo? pastinya untuk mencari pekerjaan yg lebih baik dong? Nah, masalahnya jaman sekarang mencari kerjaan yg enak dan pas tuh susah, banyak juga sarjana yg bekerja dibidang yg sangat jauh berbeda dengan jurusan kuliahnya.

Bekerja is about doing your passion. Bekerja itu harus sesuai dengan skill yg lo kuasai. Tapi nu, cari kerja kayak gitu kan susah? iya gue tau, tapi bukan berarti gak bisa kan? kalo emang kerjaan yg lo kuasai  itu sulit ditemukan, ya kenapa gak coba buat bikin usaha sendiri aja? Gue sempat berbincang-bincang dengan seorang satpam, dia bilang, dia punya teman yg anaknya S2 psikologi, tapi malah buka usaha counter hp. Ini yg namanya passion, mau lo sampe punya gelar bermacam-macam tapi toh nyatanya itu bukanlah hal yg lo mau, buat apa juga, toh gelar gak dibawa mati kan?

Buat gue belajar menjadi seorang ahli tidak selamanya harus ada di bangku sekolah, dengan bercengkrama, saling tukar pikiran, browsing di internet, lo akan dapat semuanya, bahkan bisa jadi melebihi orang-orang yg mati-matian harus berkutat dengan tugas dan soal. Gue termasuk orang yg senang learning by doing. Gue lebih suka melakukan banyak praktek daripada berkutat dalam sebuah teori yg kadang tak sama dengan prakteknya. Dengan melakukan banyak praktek, secara tidak langsung kreativitas lo akan berkembang saat menghadapi sebuah permasalahan dan tidak terpaku pada teori.

Lalu apa arti hidup bahagia menurut lo nu? buat gue, hidup bahagia itu sederhana, lo ngelakuin apa yg lo suka dan gk pernah berhenti untuk selalu bersyukur dan belajar. Banyak orang berusaha mengejar kesuksesan, bukan gitu harusnya, itu mindset yg salah. Lakukan aja apa yg sekarang lo tekuni tanpa berpikir akan sukses atau tidak, kesuksesan itu bukan buat dikejar, tapi dia yg akan datang sendiri karena hasil jerih payah lo.

So, hidup bahagia gk selamanya harus punya gelar tinggi, pendidikan gk selamanya ada di sekolah, pendidikan tentang kehidupan dan apa pun  ada di sekitar lo, tergantung lo mau tetap belajar atau tidak. Ini bukan ajakan buat tidak sekolah sampai jenjang yg tinggi. Intinya jangan pernah ngebet banget untuk bisa sukses dan menghalalkan segala cara, lakukan aja apa yg lo suka, berkarya aja dengan tulus, suatu saat nanti pasti kesuksesan akan menghampiri lo, Tuhan tau waktu yg terbaik buat kita, tetap bersyukur dan belajar.

Tidak ada komentar: