Selasa, 19 Maret 2013

Tentang Bermain Drum Part. 1


Hari ini gue mau sedikit membahas tentang teknik bermain drum. Banyak orang bilang main drum itu susah, salah besar. Main drum itu gampang banget, karena drum adalah alat pukul maka dengan mukul asal-asalan aja kalian sudah dikatakan bermain drum. Lalu, kalo main drum itu gampang, kok saya gak bisa kayak drummer-drummer yg handal itu sih? Nah itu dia, main drum emang gampang, tapi menjadi ahlinya yang sulit. Gue sendiri sudah bermain drum sejak tahun 2005, berarti sekarang sudah sekitar 8 tahunan. Tapi dari jenjang waktu yang sangat lama itu sampai sekarang gue belum jadi ahli, gue masih bisa main drum.

Gue sendiri membuat skema level permainan drum menjadi 4 level yaitu : Main drum à Bisa main drum à Jago main drum à ahli main drum. Apa yg dimaksud dengan level main drum? Level main drum adalah ketika kita hanya main drum secara asal-asalan dan belum menguasai teknik-teknik dasar drum secara keseluruhan. Level bisa main drum adalah kita sudah bisa memainkan teknik dasar secara baik dan benar serta mampu untuk membaca notasi. Level jago main drum adalah kita bisa memainkan beberapa teknik yang lebih tinggi lagi dengan baik dan benar, tentu saja skill kita juga sudah bertambah di tingkat ini. Level ahli main drum adalah dimana kita sudah mampu memainkan semua teknik drumming dengan baik dan benar, serta mampu menguasai hal teknis dari drum itu sendiri, dan di level ini kita juga dituntut untuk mampu membuat atau mengembangkan rhytim (beat) dengan ciri khas kita sendiri.

Setelah tau skema di atas, kira-kira kalian ada di level mana? Karena sekarang, gue mau membahas level Bisa main drum. Kira-kira hal apakah yang bisa membuat kita berada di level Bisa main drum? Ada beberapa hal yang akan gue jabarkan disini langsung mulai dari hal yang pertama.

1.       Mampu menguasai teknik dasar bermain drum
Beberapa teknik dasar drum yaitu : Balance, Grip (cara memegang stick yg benar), Stroke, Moeller
Technique, Dinamika, Menginjak Kick (Bass drum) dengan benar, dan Memukul cymbal dengan benar

2.       Mampu membaca notasi drum
Membaca disini bukan melihat notasi. Melihat notasi? Ya, membaca dengan mensejajarkan not hihat
dengan not snare dan kick adalah melihat bukan membaca. Membaca yg benar adalah hanya melihat
notasi snare dan kick, not hihat tidak dilihat, kecuali ada pola yang berbeda pada not hihat.

(Gb. Atas) Dengan cara mensejajarkan not. (Gb. Bawah) Melihat not kick dan snare
Sumber pembelajaran by Denny AJD

3.       Sudah menguasai tempo dengan metronome
Yang dimaksud disini adalah setiap pukulan kita jatuh bersamaan dengan bunyi klik dari metronome
atau dengan kata lain suara klik dari metronome hilang saat kita menjatuhkan pukulan pada drum.

Nah, itu tadi adalah 3 hal dimana kita sudah bisa dikatakan berada pada level bisa main drum. Di level ini juga kita harus sudah bisa menguasai emosi kita, jadi saat bermain drum kita bisa rileks dan tidak terpacu untuk terlihat jago atau hebat diantara yg lain. Dan tidak lupa juga, saat bermain drum kita harus percaya diri, dengan percaya diri permainan kita terlihat gagah, dan enak untuk dinikmati. Sementara itu dulu, untuk level selanjutnya akan gue bahas kalo gue udah menguasainya.hehe Kalo ada yg mau nanya-nanya tentang drum, langsung aja email gue di nugrohowisnuu@gmail.com :)

Tidak ada komentar: